[!!HOT!! Full] Jawaban Fisika Kelas Xi Semester 1 Sagufindo 161
Download ---> https://shoxet.com/2tgFOE
97d3633e1c -hauptwerk-prague-baroque-organ-48-16-version-keygen-lilibelki -kassai-ilona-fonetika-pdf-full -exclusive-guia-rapida-habilitar-la-red-4g-en-su-smarthphone-samsung-galaxy-j3-como-muestra -epson-tx710w-adjustment-program-hit-hot -new-configurar-router-conceptronic-c54apra2-como-repetidor -exclusive-bad-azz-word-on-the-street-zip -dev-free-full-movie-download-in-utorrent -install-angry-bird-seasons-activation-key-free-download -flick-shoot-pro-2-apk-v1 -discord-failed-to-extract-installer -i-sound-wma-mp3-recorder-professional-keygen-torrent-ileanvanyl -repack-jbot3-tarot-giga-torrent-300-tarot-decks -rudra-bhoomi-tamil-movie-free-do-exclusive -tamil-bible-commentary-pdf-download-better -skolar-font-family-updated-verified -link-luminar-4-0-0-4880-crack -cemetery-rapist-the-smut-circus-2011-rar-exclusive -free-portable-windows-xp-live-usb-edition-2012 -harry-potter-trilogy-mobi-download-ylanasaahi -isidisiamorbestiadvdrtorrent-new -thudarkadha-malayalam-movie-song-19-yedleoni -oziexplorer-android-crack-serial-no-hermwile -2011-fast-gsm-omap-1-0-0-15-samsung-gratuit-sadtam -google-chrome-for-mac-10-4-download-pelgleof -fullsoalulangansemester1kelasxagamakristensma-full -sapphirefoxx-different-perspectives-342-371-gender-bender-adult-comics-almerias-maehecai -dvd-cover-searcher-pro-crack-_hot_ -better-ldoce-6-apk-cracked-262l -akta-perhubungan-perusahaan-1967-pdf-free-install -extra-quality-tempesta-di-fuoco-3-in-italian-720p-torrent
97d3633e1c -deviant-warrior-dark-warrior-alliance-book-three-download-pdfl-halleandre -professional-english-in-use-ict-teacher-s-book-19 -recover-my-files-v4-6-8-1012-link-full-rar -kadhalil-sodhappuvadhu-yeppadi-2012-dvdrip-english-subtitles-new-download -seek-girl-charming-girl-portable-gilenelizz -frank-ocean-channel-orange-zip-sharebeast -mathew-jonson-decompression-mp3 -archivo-amtlib-dll-illustrator-cc-__full__-crack -trilead-vm-explorer-4-1-license-key-high-quality -free-ares-2-1-7-free-download-for-mac -indian-history-books-in-tamil-pdf-519-ialdirec -download-roblox-for-link-free-on-mac -__link__-gndkayla-com-camerella-siterip -scissor-goddess-13-japan-full-rar-hit-exclusive -fratii-de-la-toflea-tu-esti-cel-mai-minunat-zippy-hot -miss-rita-episode-2-read-online-updated -free-download-the-script-full-album-rar-top -link-deep-freeze-8-30-serial-key -kunci-jawaban-lks-kimia-kelas-x-penerbit-intan-pariwara-rapidshare-ikeasjan -top-lotto-power-player-ultimate-2014-keygen-crackl -fsx-steam-edition-waco-ymf5-add-on-crack-best-activation -congo-journey-popular-penguins-redmond-o-hanlon-florieadw -high-quality-alik-sukh-by-suchitra-bhattacharya-pdf-free -army-men-ii-torrent-download-hot-patch -g3-live-in-denver-2003 -desde-mi-muro-benito-taibo-epub -verified-dying-light-volkan-combat-armor-bundle-crack -ram-lakhan-720p-movies-sanrap -gold-hacker-facebook-v1-0-free-download -crack-bioshock-infinite-64bit-noelasoli
8 PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS CONCEPTUAL ATTAINMENT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR RANAH KOGNITIF DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK KELAS X SMA PADA MATERI POKOK HUKUM NEWTON TENTANG GERAK Oleh: Indri Frastiyanti ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis Conceptual Attainment, mengetahui peningkatan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik setelah diimplementasikan LKPD berbasis Conceptual Attainment. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan desain penelitian model 4-D (Four D Models) yang dilaksanakan dalam 4 tahap, meliputi: pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). LKPD ditelaah oleh dosen dan guru fisika. LKPD hasil telaah digunakan untuk uji coba terbatas di kelas X MIA 3 berjumlah 27 peserta didik. Hasil revisi dari uji coba terbatas digunakan untuk uji coba lapangan di kelas X MIA 2 berjumlah 29 peserta didik di SMA N 1 Seyegan. Data uji coba terbatas dan uji coba lapangan diperoleh dari hasil penilaian terhadap pretest dan posttest, lembar penilaian keterampilan proses sains, serta angket respon peserta didik. Data tersebut kemudian dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah: 1) LKPD berbasis Conceptual Attainment yang layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA berdasarkan penilaian penelaah dengan kategori sangat baik. Hasil validasi terhadap butir soal pretest dan posttest pada keseluruhan aspek memiliki rata-rata koefisien Aiken sebesar 0,98 termasuk dalam kategori baik. Hasil respon peserta didik terhadap LKPD pada uji coba terbatas memiliki jumlah nilai kuantitatif sebesar 84,3 dan 88,9 pada uji coba lapangan, dimana keduanya dengan kualitas sangat baik. 2) peningkatan hasil belajar ranah kognitif berdasarkan Normalized Gain (g) adalah 0,69 untuk uji coba terbatas maupun uji coba lapangan dan termasuk dalam kategori interpretasi gain sedang. Hasil belajar ranah kognitif peserta didik mengalami peningkatan dari rata-rata 70 menjadi 75,56 pada kelas uji coba terbatas dan 76,28 pada kelas uji coba lapangan, dan 3) peningkatan keterampilan proses sains signifikan pada uji coba terbatas dengan range antara 0,3-0,4 dan pada uji coba lapangan dengan range antara 0,3-0,7. Rata-rata ketercapaian peserta didik pada keterampilan proses sains pada uji coba terbatas sebesar 91,3% dan 93% pada uji coba lapangan, dimana keduanya termasuk dalam kategori sangat baik. Kata kunci: Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD), Conceptual Attainment, hasil belajar ranah kognitif, keterampilan proses sains. vii
21 fisika jika peserta didik dilibatkan secara aktif dalam pembelajaran. Pada kenyataannya, dalam pembelajaran fisika terdapat banyak faktor yang menyebabkan hasil belajar fisika yang diperoleh peserta didik rendah. Salah satu faktornya adalah kejenuhan peserta didik dalam pembelajaran yang biasanya menggunakan metode ceramah yang kurang menarik dalam penyampaian materi. Hal ini membuat peserta didik menerima pengetahuan secara abstrak, kurang terlibat dalam pembelajaran dan kurang didorong untuk mengembangkan kemampuan berpikir. Selain itu, masih terbatasnya bahan ajar yang tersedia. Faktor-faktor tersebut dapat menyebabkan pembelajaran yang bermakna belum tercapai. Pembelajaran fisika kelas X di SMA terdapat banyak pokok bahasan, salah satunya adalah Hukum Newton tentang Gerak. Dalam pokok bahasan ini, peserta didik diminta untuk mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Proses penguasaan materi Hukum Newton tentang Gerak membutuhkan peran aktif peserta didik dan bimbingan dari guru. Hal tersebut yang menuntut guru untuk menggunakan metode yang tepat dalam menyampaikan materi, sarana dan prasarana yang efektif dan efisien untuk memfasilitasi berlangsungnya proses pembelajaran. Hal ini diharapkan agar setiap peserta didik dapat menerima materi pelajaran yang diajarkan dengan baik. Hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Seyegan diperoleh informasi bahwa proses belajar mengajar fisika masih sering menggunakan metode ceramah. Hampir semua informasi berasal dari guru dan peserta didik berperan sebagai penerima informasi. Media pembelajaran yang digunakan sebagai 3
22 sarana kegiatan peserta didik masih berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) yang sebagian besar berisi teori dan latihan soal tanpa kegiatan praktik. Disamping itu juga diperoleh data bahwa nilai hasil belajar fisika peserta didik kelas X masih rendah atau di bawah KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang ditetapkan. Nilai rata-rata ulangan harian peserta didik yaitu 70 dengan KKM 75 pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak. Karena dalam proses pembelajaran dan media pembelajaran yang kurang bervariasi, maka peserta didik kurang terangsang dan merespon materi yang disampaikan sehingga peserta didik kurang terampil dan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan uraian di atas, maka perlu dilakukan penelitian tentang pengembangan sebuah bahan ajar yang mampu mendukung peserta didik untuk terlibat aktif dalam pembelajaran fisika. LKPD dipilih dan dikembangkan menggunakan pendekatan Conceptual Attainment agar peserta didik mampu menemukan sebuah konsep melalui sebuah proses belajar. Penelitian sebelumnya tentang pengembangan LKPD berbasis Conceptual Attainment yang dilakukan oleh Saidatun Niswah menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode Conceptual Attainment merupakan metode pembelajaran yang mengajarkan konsep kepada peserta didik dimana guru mengawali pengajaran dengan menyajikan data berupa contoh dan non contoh terkait konsep yang akan dicapai, kemudian peserta didik melakukan identifikasi konsep untuk memunculkan definisi konsep berdasarkan ciri-ciri pada contoh. 4
26 E. Tujuan Penelitian Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah: 1. Menghasilkan produk berupa LKPD berbasis Conceptual Attainment yang layak digunakan dalam meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak berdasarkan penilaian penelaah dan hasil uji coba empirik di sekolah. 2. Mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar ranah kognitif peserta didik setelah diimplementasikan LKPD berbasis Conceptual Attainment. 3. Mengetahui seberapa besar peningkatan keterampilan proses sains peserta didik setelah diimplementasikan LKPD berbasis Conceptual Attainment. F. Manfaat Penelitian 1. Bagi guru a. Pengembangan LKPD ini dapat digunakan sebagai alternatif media pembelajaran fisika yang sesuai dengan K13 pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak. b. Mengenalkan guru mengenai metode pembelajaran yang dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan proses sains peserta didik. 2. Bagi peserta didik a. Membantu peserta didik untuk berperan aktif dalam proses pembelajaran di kelas. 8
60 belajar, dan respon siswa. Hasil pengamatan aktivitas siswa selama melakukan kegiatan memperoleh kategori sangat layak, hasil belajar siswa memperoleh presentase ketuntasan dengan kategori layak, dan respon positif siswa memperoleh kategori sangat layak. Berdasarkan ketiga penelitian tersebut, maka pengembangan LKPD berbasis Conceptual Attainment dinilai layak dan baik digunakan untuk meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan keterampilan proses sains peserta didik kelas X SMA pada materi pokok Hukum Newton tentang Gerak. C. Kerangka Berpikir Kurikulum yang berlaku di Indonesia untuk saat ini adalah kurikulum 2013 (K13). K13 memerlukan adanya penyempurnaan pola pikir peserta didik dari yang semula pembelajaran berpusat pada guru beralih ke peserta didik, pembelajaran yang semula satu arah menjadi lebih interaktif. Supriyono Koes H (2003: 3) menyatakan bahwa pembelajaran fisika harus melibatkan peserta didik secara aktif untuk berinteraksi dengan objek konkrit. Keaktifan peserta didik dalam proses pembelajaran fisika merupakan salah satu hal penting dalam pembelajaran dan memengaruhi keberhasilan peserta didik dalam belajar. Hasil observasi yang dilakukan di SMA N 1 Seyegan diperoleh informasi bahwa masih terdapat beberapa permasalahan yang dialami selama pembelajaran fisika, di antaranya: proses belajar mengajar fisika masih sering menggunakan metode ceramah, LKPD yang digunakan masih berupa LKPD yang sebagian besar berisi teori dan latihan soal tanpa kegiatan praktik, nilai 42 153554b96e
https://www.cassandrascross.org/forum/welcome-to-the-forum/sabrina-movie-1995-free-11